skip to Main Content

Webinar Accounting Series: Blockchain dan Mata Uang Digital

  • uai

Telah berlangsung Webinar Accounting Series yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Al Azhar Indonesia (FEB UAI). Acara ini mengangkat tema yang relate dengan Milenials yakni “Blockchain dan Mata Uang Digital”. Topik yang dibahas pun sangat tepat bagi anak muda maupun yang sudah bekerja saat ini, topik tersebut merupakan “Apa dan Bagaimana Dampaknya bagi Akuntansi dan Pengauditan” dan menghadirkan narasumber yaitu Arif Perdana, PhD., CA. Selaku Assistant Professor of Business Information Systems, Singapore Institute of Technology.

Webinar yang berlangsung pada Sabtu 07 November 2020 ini ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Kuncoro Hadi, S.T, M.Si. selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan agar para akademisi senantiasa menggunakan teknologi saat mengadaptasikan keuangan sehari-hari. Teknologi sudah merambah ke berbagai sektor termasuk sektor pendidikan, hal ini memudahkan untuk terciptanya interaksi yang baik antara mahasiswa dengan dosen. Jadi dengan adanya inovasi teknologi ini, sudah pasti sangat membantu sektor keuangan dan perbankan agar lebih efisien dalam menjalankan fungsi dari kinerjanya. Sambutan pun dilanjutkan dan sekaligus dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam penyampaiannya, Beliau menjelaskan terdapat berbagai perbedaan yang cukup signifikan di era sebelum pandemi dan di era saat pandemi seperti saat ini. Rektor UAI sekaligus Guru Besar di IPB ini juga memberikan masukan tentang bagaimana nantinya webinar ini dapat menjadi sebuah mata kuliah khusus yang nantinya dapat dimasukkan ke dalam konsep merdeka belajar. Terakhir, Beliau langsung membuka acara webinar ini dengan basmalah dan harapannya kedepan FEB UAI selalu memberikan inovasi dan ide-ide cemerlang demi kemajuan bangsa dari segi keuangan maupun lainnya.

Acara berlanjut dengan pembukaan oleh Moderator pada webinar ini yaitu Ade Wirman, SE., Ak., M.Sac. selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Al Azhar Indonesia. Setelah Moderator membuka Webinar Accounting Series, pemaparan materi pun langsung disampaikan oleh Arif Perdana, PhD., CA. Selaku Assistant Professor of Business Information Systems, Singapore Institute of Technology. Dalam penyampaiannya, Beliau menjelaskan bahwa blockchain dapat menginput dan mengkoheren setiap sistem-sistem yang ada. Blockchain ini juga sangat berkaitan dengan media digital, dan keduanya saling mengisi satu sama lain. Asisten Professor di Singapore Institute of Technology ini juga menyampaikan bahwa Blockchain sistem ini sangat mempengaruhi dan memiliki peluang yang cukup beresiko. Terakhir Beliau memaparkan bagian-bagian penting dari Blockchain ini mulai dari Cryptocurrency hingga sistem pengelolaan pajak bagi Cryptoassets yang harus menjadi prioritas utama bagi praktisi dari bidang keuangan dan perbankan.

Setelah sesi pemaparan usai, Webinar ini masih dilanjutkan dengan adanya sesi diskusi dan pertanyaan antara narasumber dengan audiens. Beberapa pertanyaan muncul dari audiens sehingga membuat aktifitas di webinar terasa sangat ramai. Semoga kedepannya implementasi dari teknologi di sektor keuangan semakin meluas di berbagai sektor perekonomian dan sektor informasi keuangan sehingga mendorong terciptanya ekonomi yang semakin efisien dan maju.

Back To Top